Bangunan Tua Nan Bersejarah Ikon Medan

Kota Medan sebenarnya memiliki banyak bangunan tua sebagai bagian dari sejarah kota Medan, yang tentunya menambah nilai wisata kota Medan. Namun, memang nilai wisata atas bangunan-bangunan tua bersejarah di kota Medan ini sepertinya kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat. Jika biasanya ada paket tur untuk wisata sejarah di sebuah kota, maka sangat sulit untuk menemukan hal yang serupa di kota Medan. Meski begitu, ya tidak ada salahnya bagi kita untuk berinisiatif mengunjungi berbagai daerah wisata sejarah kota Medan. Apakah Anda seorang wisatawan dari kota lain atau orang Medan sendiri.

Wisata Sejarah Kota Medan

Nah, berikut adalah bangunan-bangunan tua yang memiliki nilai sejarah di kota Medan. Pastinya seru ya untuk mengetahui berbagai cerita di balik sebuah kota!

Kantor Pos Medan

Wisata Sejarah Kota Medan: Kantor Pos Besar MedanKedengarannya unik untuk melakukan wisata sejarah ke sebuah kantor pos, namun Kantor Pos Medan berada di sebuah bangunan tua yang berdiri kokoh sejak tahun 1911. Bangunan ini pun dari awal memang didirikan untuk fasilitas mengirim surat dan fungsinya lainnya. Letak Kantor Pos Medan ada di dekat pusat kawasan wisata kuliner Medan ‘Merdeka Walk‘. Anda yang sedang berada di Merdeka Walk bisa sekalian mengunjungi Kantor Pos Medan untuk mengabadikan beberapa foto bangunan unik ini.

Bangunan yang didominasi oleh warna putih dan oranye ini mempertahankan gaya arsitektur Belanda.

Menara Air Tirtanadi

Wisata Sejarah Kota Medan: Menara Air Tirtanadi MedanSalah satu ikon kota Medan yang paling terkenal adalah Menara Air Tirtanadi. Menara Air ini berada di Jl. Sisingamangaraja 1 dekat dengan Soechi International Hotel. Menara ini dibangun pada tahun 1908 oleh pemerintah kolonial Belanda yang kemudian menjadi milik PDAM Tirtanadi. Tingginya 42 meter dan berat 330 ton sehingga bisa kelihatan dari kejauhan. Anda yang melintas di kawasan tersebut bisa meminum air yang disediakan oleh PDAM Tirtanadi tersebut.

Tjong A Fie Mansion

Wisata Sejarah Kota Medan: Tjong Afie MansionTjong A Fie Mansion adalah rumah saudagar kaya asal China namun memiliki sumbangsih terhadap perkembangan kota Medan. Letak rumah ini adalah di Jl. Jenderal Ahmad Yani yang juga dikenal sebagai kawasan Kesawan. Anda akan bisa melihat-lihat sekitar 40 ruangan dalam rumah tersebut sembari mendengar cerita dari seorang guide. Harga tiket masuknya dibanderol Rp 35.000/orang.

Istana Maimoon

Wisata Sejarah Kota Medan: Istana Maimoon MedanIstana Maimoon terletak di Jl. Brigjend Katamso Medan dan berada di dekat di Mesjid Raya Medan dan merupakan kawasan wisata sejarah utama kota Medan. Istana Maimoon dibangun oleh Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah. Bangunan istana ini dibagi menjadi 3 bagian, yakni bangunan induk, bangunan sayap kiri,dan bangunan sayap kanan. Secara keseluruhan bangunan ini dipengaruhi oleh gaya arsitektur Melayu, Arab, India, Moghul dan Eropa. Silakan berkunjung untuk melihat hasil arsitektur yang menawan ini!

Ketika Anda berkunjung ke kota Medan, jangan lupa untuk melakukan wisata sejarah kota Medan. Bagi Anda yang merupakan warga kota Medan pun wajib untuk mengunjungi tempat-tempat di atas untuk menambah rasa cinta terhadap kota tercinta kita ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *